[Pembajakan] Logo ITS dibajak atau Membajak

Assalamu'alaikum wr. wb.
Tahukah Anda??? Ada satu pembajakan yang mana cukup menghebohkan terutama kalangan akademisi ITS (Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya). Bagaimana tidak? Logo ITS ini mirip dengan logo perusahaan teknologi berkebangsaan rusia. Mau tau kemiripan serta perbedaannya???
ITS membajak atau dibajak?
Coba lihat perbedaannya? Ya, hanya nampak diwarnanya saja bukan??? Bila logo ITS Indonesia itu menggunakan warna biru kemudaan, sedangkan logo ITS Rusia menggunakan warna biru dongker. Nah, bagaimanakah??? Siapakah yang membajak atau dibajak???
Berikut ini merupakan sekilas informasi mengenai ITS Rusia. Inkom TehSnab sepertinya bermain sebagai pemasok berbagai peralatan industri. Mulai dari alat hidrolik, katup hidrolik, splitter, oil control, pompa dan lainnya. Mereka juga telah mengantongi sertifikasi ISO 9001 dan 14001.

Langkah dari ITS Surabaya
Pelanggaran atas HAKI alias Hak Kekayaan dan Intelektual tentu tidak bisa serta merta dibiarkan terus berlarut. Perlu adanya usutan kasus untuk mengetahui siapa yang benar... ITS Surabaya bisa saja menggugat perusahaan rusia tersebut. Ya, mari kita tunggu saja langkah bijak ITS terkait dengan pembajakan logonya!
Sejarah Logo ITS Surabaya
Logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu diresmikan 10 November 2005 ketika Rektor ITS dijabat Muhammad Nuh yang kini menjadi Mendiknas. Peresmian logo gres itu berbarengan Dies Natalis ke-45 atau lustrum ke-9.

Seperti dilansir website ITS, logo lama yang sudah berusia 45 tahun diganti logo baru agar lebih fresh dan mengesankan kedinamisan. Dibandingkan logo ITS lama, ada beberapa perubahan yang cukup mendasar pada logo yang baru. Salah satunya adanya penambahan tulisan nama ITS beserta kepanjangannya, sedangkan pada logo lama tidak ada hal tersebut. Selain itu, perubahan juga ada pada perisai di belakang logo ITS. Sebelumnya, logo ITS hanya berdiri sendiri tanpa ada perisai yang melatarbelakangi.
Ketua Tim Review Identitas ITS Baroto Tavip Indrojarwo seperti dilansir di website resmi ITS menyatakan, perubahan logo untuk memudahkan masyarakat menerjemahkan kepanjangan ITS. "Masyarakat sering menyebut kepanjangan ITS dengan Institut Teknologi Surabaya, padahal sebenarnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember," jelasnya.
Selain itu, juga ada perubahan warna pada logo baru ini. Yakni, warnanya tidak lagi menggunakan warna biru dan emas. Tapi hanya menggunakan satu warna saja, yaitu biru yang dihasilkan dari beberapa komposisi warna.
Dipaparkan, konsep identitas logo itu adalah lobogram: gambar roda gigi -- Tugu Pahlawan -- bunga Wijayakusuma dalam perisai. Ini memiliki arti semangat membangun kompetensi generasi muda dalam bidang teknologi selalu tertanam dan terbingkai di dalam hati seluruh civitas akademika ITS.
Warna biru ITS menggambarkan visi ITS seluas dan setinggi langit lazuardi dan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan.
Sedangkan logotype ITS didefinisikan dengan huruf Fritz Quadrata, yang berbentuk tegas dan sederhana, namun tetap memiliki nilai artistik (garis tebal-tipis) dan strip yang minimalis.
"Artinya bahwa kekuatan sejarah, pengalaman, dan senioritas ITS dalam bidang teknologi, semakin mempunyai daya saing dan adaptif dengan perubahan," jelas Baroto.
Meski berganti logo, pihak ITS tidak membuang logo lama, namun dijadikan prasasti.

Mungkinkah Universitas tinggi sekelas ITS Surabaya membajak logo? Logo yang seharusnya menjadi ciri khas yang eksklusif... Namun,, apa jadinya bila logo yang digunakan dipakai oleh pihak lain??? 
Semoga saja kebenan akan terungkap! Pembajak yang sesungguhnya akan terkuak!!!
Semoga Indonesia bukan hanya menjadi negeri para pembajak!!! Aamiin...
Download Kumpulan Soal CPNS

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Lambang ITS yang anda pakai itu perlu diganti dengan yang standar. Coba lihat ulasannya di http://katamata.wordpress.com

Dillah Ubaidillah mengatakan...

Terimakasih atas koreksinya...

jangan lupa untuk mampir lagi, barangkali ada sesuatu yang mungkin salah, dan patut untuk dikoreksi

Anonim mengatakan...

Sdr. Dillah, anda belum melaksanakan janji yang sudah anda kemukakan. Sebagai seorang muslim anda tentu paham hakekat sebuah janji.

Dillah Ubaidillah mengatakan...

Njenengan itu belum paham rupanya..
yang namanya logo itu satu..
Tapi untuk lambang ITS kan ada beberapa lambang, nah apa salah saya mengambil lambang dari sekian banyaknya itu???

Terlebih saya kan menyertakan sumber referensi tempat saya mengambil gambar itu...

Masalah Anda sebenarnya apa???

Arek Jebres mengatakan...

Bener kata si-"anonim" di atas. Ibarat memilih sekumpulan foto, sampeyan memilih yang paling jelek. Saya yakin foto profile-pic sampeyan yang ngganteng itu, pasti salah satu foto terbaik dari yang sampeyan miliki. Manusiawi. As simple as that. So please respect other's property.

BTW, saya telusuri link yang sampeyan sertakan, kok gak onok sing memuat lambang aneh itu. Jadi sakjane sampeyan ambil lambang aneh itu dari mana?

Posting Komentar