Hati-Hati Spambot pada Akun Facebookmu!!!

Spambot? Apa itu? Bagi saya, spambot merupakan hal yang sungguh tidak mengenakan, terlebih robot spambot itu memposting status kita, dan kontennya itu sampah! Hal itu juga yang dialami oleh teman saya semasa SMA, akunnya digunakan oleh 'robot' dan menyebarluaskan status yang berisikan naudzubillah...
Awalnya saya ndak merasa itu akun kena spambot atau apalah. Tapi kecurigaan itu muncul, sebab status yang sama terulang kembali dalam rentang waktu yang tidak ada satu jam. Nah bagaimana bisa terjadi demikian???

Facebook Sudah Ada Upaya Pengamanan
Sejatinya facebook sendiri sudah melakukan upaya untuk melindungi akun data penggunanya. Hanya saja tak banyak user yang tahu akan hal ini. Contohnya adalah email notifikasi terkait dengan perubahan pasword akun. Nah, spambot? Lantas bagaimana ia masuk?
Sepengamatan saya, spambot bisa muncul dan mengakuisisi akun facebook Anda (baca: mengambil alih akun FB Anda) melalui beragam aplikasi yang banyak bertebaran di Facebook. Nah, maka dari itu, segera deh aplikasi sampah Anda hapus demi keamanan data Anda.
Berikut adalah halaman seting aplikasi Facebook. Silahkan Anda klik saja menu dikanan atas, lantas pilih Pengaturan Akun, dan kemudian pilih tab Aplikasi seperti gambar dibawah ini:
Tips:
  1. Gunakan aplikasi Facebook yang bersumber dari situs yang sudah lama dan terkenal. Seperti 4shared, etc.
  2. Sebelum Anda mengklik Setujui dalam Permintaan Akses Calon Aplikasi Facebook yang baru, terlebih dahulu, Anda harusnya membaca, aplikasi itu akan mengakses data Anda apa saja, dan terkait hal lainnya.
  3. Hindari mengklik tautan yang mencurigakan, besar kemungkinan itu merupakan media penyebaran virus! Pasang juga antivirusnya.. :D
  4. Jangan lupa logout setelah ber-Facebookan ria.
  5. Dan berdoa agar data Anda aman.

Saya memang bukanlah ahli IT, informasi diatas merupakan informasi yang bisa dinalar secara logis oleh seorang netters yang sudah lama menjelajah website dan lainnya... Semoga bermanfaat... :D
Download Kumpulan Soal CPNS

0 komentar:

Posting Komentar