Panduan Blog

Tak ingin menepis hasrat beberapa orang blogger untuk membantu teman-temannya yang masih awam dalam dunia bloging, maka tulisan ini tercipta. Bukan untuk menggurui sesama rekan blogger, atau ingin cari apalah dalam dunia ini. Panduan Blog ~ Mengapa sekarang banyak blog yang dijumpai merupakan panduan blog? Benarkah hal tersebut???? Simak tulisan berikut ini...
Sudut Pandang
Tergantung dari sudut pandang mana diambil. Bila yang melihat seorang blogger yang sudah lama menjamahi hutan belantara bloging, maka blog yang berupa panduan blog itu hanyalah wasting blog semata. Mungkin ada benarnya pola pikir mereka yang tentunya sudah mengetahui perihal mempercantik tampilan blog.
Namun, marilah kita berpikir dengan sudut pandang lain. Mengacu pada keadaan diri saya sendiri yang memang seorang blogger holic, banyak ternyata dari teman-teman saya yang belum tahu menahu soal dunia bloging ini. Dan mereka meminta saya untuk mengajari mereka... So, apa salah saya bilamana dalam blog saya inipun dijumpai 'semacam' panduan blog yang secara khusus didedikasikan buat teman-teman saya.

Apapun pola pikirnya, saya harapkan tidak ada unsur jelek menjelekkan blog orang lain. Kita tidak pernah tahu maksud dan tujuan dibalik keberadaan blog tersebut beserta segala konten yang ada... So,,, tetap semangatz bloging apapun tujuannya!!!

PANDUAN BLOG
Berikut ini saya mencoba menuliskan beberapa point penting perihal dunia bloging. Dan saya pun membaginya kedalam beberapa tema/kategori utama. So,,, simak saja yach...
1. Membuat Blog
  • Panduan Membuat Blog di Blogspot/Blogger.
  • Panduan Membuat Blog di Wordpress.com
  • Panduan Membuat Blog di Self Hosted.
  • Beberapa hal yang harus dilakukan setelah Blog Anda jadi.
  • Index Tutorial.

2. Mempercantik Blog
  • Cara Menghilangkan Navbar Blogspot
  • Cara Mengganti Template Blogspot
  • Cara Membuat Animasi Gambar bergerak Melayang
  • Cara Membuat Yahoo Emotion pada Blogspot
  • Cara Membuat Social Bookmark Share
  • Index Tutorial

3. Optimasi Blog
  • Cara Membuat Blog Agar Lebih SEO Friendly.
  • Cara Membuat Breadcrumb Valid berdasarkan Google Webmaster.
  • Cara Membuat Rich Snippet pada mesin pencari.
  • Cara Membuat Rating Bintang pada mesin pencari.
  • Tutorial Membuat blog Akrab dirayapi Mesin Pencari.
  • Tutorial Sederhana mendatangkan Ribuan Pengunjung.
  • Index Tutorial

4. Blog Difusion
  • Pentingnya Blogwalking
  • Perlu atau tidakkah Blogroll
  • Cara Jitu Membalas Komentar Masuk
  • Index Tutorial Blog Difusion

5. Tips Blog
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bloging.
  • Tips mendatangkan Pengunjung dari Social Media
  • Index Tutorial Tips Blog

Semoga dengan tulisan diatas dapat mencerahkan berbagai pihak yang ada, terutama diri saya sendiri. Dan kepada teman-teman saya yang membaca tulisan ini, terimakasih atas kunjungannya... Kepada siapapun yang membaca tulisan ini, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya....
Barangkali ada tambahan mungkin???
Download Kumpulan Soal CPNS

3 komentar:

Rizkyzone.com mengatakan...

dullu saya jug` pengguna mesin blogspot tp sejak blogspot saya di hack jd saya beralih ke mesin wp self host mas

marsudiyanto mengatakan...

Dengan memahami sistematika seperti ini semoga sahabat yang bikin blog punya arah, bukannya bikin lalu cuma diisi materi hasil copy sana paste sini...
Semoga bermanfaat bagi kita semua
Salam!

Dillah mengatakan...

@Rizkyzone.com iya...saya juga pake wp di dillah.tk

@marsudiyanto : iaya pak.. Insya Allah ga akan sekedar copas semata ugh... :)

Posting Komentar