Konsep dalam Pemasaran dibedakan menjadi beberapa point berikut ini:
- Pasar
- Pemasaran
- Sistem Pemasaran
- Saluran Pemasaran
- Arus Pemasaran
Rantai pemasaran terpadu melibatkan beberapa hal berikut:
- Fungsi pemasaran
- Permasalahan spesifik dalam pemasaran.
- Marjin pemasaran.
- Efisiensi pemasaran.
- Pengembangan SPT Terpadu.
Pembeli dapat dibedakan menjadi:
- Pembeli potensial.
- Pembeli aktual.
- Pembeli impulsif.
Pasar
Pasar dapat didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung dimana terjadi permintaan dan penawaran yang pada akhirnya akan mencapai titik ekuilibrium sebagai harga barang atau jasa tersebut.
Pemasaran
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai usaha untuk memindahtangankan hak milik dari seorang produsen ke konsumen melalui beberapa saluran pemasaran. Terdapat 4 jenis utilitas (nilai guna) sebagai berikut:
- Bentuk
- Tempat
- Waktu
- Milik
Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran didefinisikan sebagai sebuah kesatuan yang saling terintegrasi yang mana melibatkan seluruh komponen sub sistem pemasaran. Terdapat lima sub sistem pemasaran:
- Sektor produksi.
- Saluran pemasaran.
- Sektor konsumsi
- Fungsionalitas
- Aliran atau arus.
Saluran Pemasaran
Secara umum terdapat empat jenis saluran pemasaran yakni:
Produsen --> Pengumpul / Tengkulak --> Pedagang Besar --> Agen --> Pedagang Kecil --> Pengecer --> Konsumen
Arus Pemasaran
Arus pemasaran mencakup beberapa hal berikut ini:
- Fisik
- Hak Milik
- Pembayaran
- Informasi
- Promosi
Ukuran efisiensi pemasaran dapat dilihat dengan menggunakan farmer sell. Dikatakan efisien apabila farmer sellnya lebih dari 50%. Farmer sell merupakan perbandingan antara harga ditingkat produsen hingga di konsumen tingkat akhir.
Demikianlah resume materi kuliah Sistem Pertanian Terpadu semoga dapat bermanfaat... Aamiin
0 komentar:
Posting Komentar