Soal Ujian KD 4 Perubahan Sosial

Soal ujian mata kuliah Perubahan Sosial yang bertemakan Perubahan Sosial dan Kebudayaan. Ujian kali ini berasal dari ibu Emi Widiyanti, SP, MSi.
1. Bagaimanakah hubungan antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan, jelaskan dan berikan contohnya dalam sebuah ilustrasi!

2. Revolusi dunia perbankan dalam meningkatkan pelayanan transaksi konsumen dengan memberikan fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang melayani seluruh masyarakat sampai dipedesaan membawa perubahan besar baik secara sosial maupun ekonomi bagi masyarakat khususnya masyarakat pedesaan.
a. Menurut Anda perubahan-perubahan sosial ekonomi apa saja yang dapat terjadi dalam masyarakat pedesaan?
b. Jelaskan dampak positif maupun negatif dari teknologi ATM bagi masyarakat pedesaan!
c. Dari ketiga bentuk perubahan sosial akibat adanya penemuan baru, bentuk perubahan sosial yang manakah yang sesuai dengan kasus diatas? Jelaskan!
3. Banyak kalangan peneliti yang menilai bahwa proses transformasi daerah pedesaan yang mendorong ke arah perkembangan agribisnis merupakan sebuah proses yang tidaklah sederhana karena harus menghubungkan budaya komersial dengan perilaku ekonomi masyarakat desa yang berbeda.
a. Bagaimanakah pandangan Anda terhadap penilaian tersebut?
b. Menurut Anda perbedaan apa saja yang ada antara perilaku ekonomi masyarakat desa dengan budaya komersial yang ada dalam sistem agribisnis?
c. Jelaskan proses disorganisasi dan reorganisasi yang terjadi dalam proses transformasi ini!

Semoga bermanfaat.. :D
Download Kumpulan Soal CPNS

0 komentar:

Posting Komentar