Soal Serta Pembahasan Ujian Ekonomi Sumber Daya Pertanian

Prof. Ir. Darsono, S.P., M.Si merupakan salah satu profesor yang mengajar di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Adapun salah satu mata kuliah semester 4 yang diampunya antara lain adalah Ekonomi Sumber Daya Pertanian atau ESDP. Tak seperti ujian pada dosen-dosen lain yang kebanyakan berada dilingkungan yang tentu menjemukan, (jangan bilang tidak, sebab selama belasan tahun kita duduk dibangku untuk ujian tulis)
Namun, kali ini ada yang berbeda terkait dengan sistem atau teknis pelaksanaan Ujian Kompetensi Dasar Ekonomi Sumber Daya Pertanian, yakni meskipun namanya ujian, akan tetapi bersifat take home. Berikut ini adalah soal-soal untuk ujian ESDP:

  1. Sistem alamiah adalah konstan dan mencukupkan.  Jelaskan kalimat tersebut dengan terang, jika perlu didukung dengan data-data dan hukum-hukum alamiah.
  2. Keseimbangan alamiah sebenarnya bermanfaat untuk apa dan siapa?
  3. Uraikan konfigurasi sistem alamiah, kapan unsur alamiah berguna untuk manusia dan kapan bisa berbahaya bagi manusia. Mengapa kedua hal tersebut bisa terjadi?
  4. Bagaimana posisi manusia dalam sistem alamiah.
  5. Jelaskan makna, manfaat, dan pengelolaan keragaman hayati dalam kepentingan kelestarian kehidupan alamiah dan manusia.
  6. Mengapa ada usaha pertanian dalam sumberdaya yang bisa diperbaharui?
  7. Bagaimana pikiran Anda begitu mengetahui ternyata begitu kayanya Indonesia memiliki limpahan sumberdaya alamiah, terutama sumber daya pertanian?
  8. Anda tidaklah akan hidup selamanya, namun punya kewajiban menghidupkan alam selamanya. Jelaskan maknanya.
  9. Sebagai entitas calon sarjana pertanian, uraikan pikiran Anda mengenai tatakelola pertanian Indonesia di sekitar Anda selama ini. Uraikan pula pendapat untuk kemajuannya.
  10. Sebagai calon pemimpin dalam berbagai skala, paling tidak  sebagai seorang Bapak dan Ibu dari anak-anak Anda; bagaimana menciptakan harmoni alamiah dalam preferensi kebutuhan dan keinginan kehidupan anda dan keluarga.

Tanggapan Dillah
Mengetahui soal yang sedemikian ambigu (tidak ada satu jawaban yang dinilai benar dan secara massive diakui akan status kebenarannya) maka, disini saya mencoba terlebih dahulu mencari arti kata-kata yang menurut saya terlalu oh terlalu ambigu. :P
  • Alamiah, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "alamiah" merujuk pada kata "alami". Sedangkan definisi "alami" adalah bersangkutan dng alam; bersifat alam; wajar;
  • Kata "mencukupkan" berarti menjadikan (menganggap) cukup; memadakan; menggenapkan; melengkapkan dsb: ia berusaha ~ gaji yg didapatnya setiap bulan;
  • Konstan = tetap tidak berubah; terus-menerus.
  • Konfigurasi = 1 bentuk; wujud (untuk menggambarkan orang atau benda): ribuan pelajar SLTP di stadion Utama Senayan membentuk -- kata ASEAN; 2 Geo bentuk horizontal dan vertikal bagian bumi; 3 Kim kedudukan atom yg satu thd atom yg lain dl molekul.
  • Sistem = 1 perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas: -- pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran darah dl tubuh; -- telekomunikasi; 2 susunan yg teratur dr pandangan, teori, asas, dsb: -- pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb); 3 metode: -- pendidikan (klasikal, individual, dsb); kita bekerja dng -- yg baik; -- dan pola permainan kesebelasan itu banyak mengalami perubahan;
  • Unsur = 1 bagian terkecil dr suatu benda; bagian benda yg tidak dapat dibagi-bagi lagi dng proses kimia; bahan asal; zat asal; elemen: mengandung -- kimia tertentu; tekanan dapat kita anggap pula sbg salah satu -- bahasa; 2 kelompok kecil (dr kelompok yg lebih besar): membersihkan -- ekstrem kiri dl pemerintahan;
  • Entitas = satuan yg berwujud; wujud.

Demikianlah postingan mengenai Ujian Ekonomi Sumber Daya Pertanian beserta pembahasannya.. :) Maksud saya pembahasan kata-kata sulit (belum terketahui secara eksplisit) dalam soal Ujian Ekonomi Sumber Daya Pertanian.
Semoga bermanfaat... :)

Description: Berikut ini merupakan soal ujian KD Pertama Ekonomi Sumber Daya Pertanian (ESDP) Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNS Rating: 5.0
Download Kumpulan Soal CPNS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

shiiit....

Posting Komentar