WordPress


WordPress, mungkin bukanlah hal yang asing lagi.. Sebab, sudah banyak mungkin dijumpai situs-situs yang beralamatkan di http://situsAnda.wordpress.com/ dalam situs-situs pencarian simbah Google.com Hanya saja, tak banyak orang yang tahu, kalau ada juga situs http://wordpress.org yang menyediakan sebuah CMS untuk membangun website. Meskipun sebenarnya si WordPress ini lebih dikenal sebagai mesin blog. Akan tetapi, karena keluwesan dari CMS WordPress ini sehingga hampir sebagian besar situs di dunia mayoritas menggunakan engine WordPress ini. Seperti halnya situs dakwah terkemuka, yakni MTA-Online.com, ataupun situs Radio MTA Fm yang berlokasi di http://mtafm.com serta tak lupa tentu situs MTA-tv di http://mta-tv.com/

Apa itu WordPress?
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
WordPress mulai dirilis sekitar tahun 2003 dengan hanya menggunakan bit kode tunggal untuk meningkatkan tipografi penulisan setiap hari yang mana beberapa orang yang suka menulis masih dapat dihitung dengan jari. Walau demikian, sejak saat itu, wordpress telah tumbuh menjadi alat blog hosting pribadi (self-hosted blogging) terbesar. Telah digunakan ratusan ribu pemakai dan dilihat oleh 10 juta orang per harinya.
WordPress adalah proyek terbuka (open source), ada ratusan orang dari seluruh dunia yang bekerja didalamnya. Itu semua berarti program bebas (tidak di pungut biaya) bagi siapapun yang menggunakannya.
Tentang wordpress.org
Pada bagian ini, kita semua dapat men download dan meng install software-software (dalam bentuk script) dari wordpress untuk melakukannya, kita semua membutuhkan web hosting / web host yang memenuhi persyaratan minimum serta sedikit waktu. WordPress memiliki kemudahan dalam hal pengaturan dan dapat digunakan dihampir semua web hosting. Disediakan pula blog dalam berbagai variasi dengan berbagai kemudahannya dibandingkan situs biasa.
Cerita singkat wordpress
Wordpress lahir dengan keinginan untuk tampil elegant / baru. Well-architectured / system yang dirancang berbasiskan PHP dan MySQL. WordPress adalah program yang baru, tetapi dasar dan pengembangannya tetap seperti tahun 2001. WordPress merupakan produk yang mantap dan stabil. Para pengembang wordpress berharap bahwa dengan mengutamakan kepuasan para pemakai, dan menjaga standar yang baik, maka mereka dapat menciptakan suatu produk / program yang berbeda dari yang lain dimanapun.
Tahun 2005 adalah tahun yang sangat baik bagi wordpress. Pada tahun itu telah diluncurkan versi 1.5 yang mana telah di download lebih dari 900.000 kali. Keberadaan wordpress terus berkembang untuk melakukan perluasan pemasaran.

Download WordPress
Anda bisa mendownload CMS WordPress di alamat berikut http://wordpress.org ataupun untuk versi Bahasa Indonesia di http://id.wordpress.org. Serta, Anda bisa mendapatkan WordPress Themes serta WordPress Plugins di http://wordpress.org/extend

Referensi
  1. Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/WordPress
  2. Hendri, Sejarah WordPress, http://hendri.staff.uns.ac.id/2008/09/sejarah-wordpress/
Download Kumpulan Soal CPNS

6 komentar:

BagiBagiBlog mengatakan...

Wordpress... katanya siy emang BAGUS BANGET buat ngeblog. Tapi Ayas masih awam dgn Wordpress, lebih ngerti blogspot neh.
Yach.. karena Ayas emang lebih dulu mengenal blog dari Blogspot, kalo wordpress belum sepenuhnya paham.
Meski sekarang Ayas udah punya akunnya, tapi sampek sekarang blum posting!!!
Hwehehee...

Unknown mengatakan...

Owh...
:)

Saya dulunya jatuh cinta sama wordpress hlo.. tp yg self hosted,, tp sekarang menduakannya, dan berpaling ke blogspot... Hehehe

the-netwerk mengatakan...

ane lebih nyaman pke blogger.com gan

Unknown mengatakan...

Geh,, hehe,, kulo juga...

hajarabis mengatakan...

ane siih lebih suka klo pke blogspot :D

Unknown mengatakan...

Iya,, makasih mastah udah berkomentar digubuk saya ini... :D

Posting Komentar