Mengembalikan File / Folder yang diHidden Virus

Kemarin saya mengalami kejadian naas ini, setelah flashdisk saya masuk disalah satu netbook teman saya, entah mengapa ada beberapa file mencurigakan. Untunglah, antivirus saya bisa membasminya, Eset NOD32. Akan tetapi, kurang satu. Folder yang terhidden oleh virus tidak bisa dipulihkan oleh antivirus saya. Celaka 12, karena memang Eset saya tidak / belum saya aktivasi.
Namun, alhamdulillah... Saya menemukan satu cara yang simple dan tidak menggunakan smadav. Caranya hanya dengan menggunakan software bawaan windows bernamakan Command Prompt. Berikut langkah / cara mengembalikan file / folder yang diHidden Virus :

  1. Klik Start, kemudian Run,  ketik "cmd"
  2. Pada menu commad prompt ketik drive flashdisk anda misal z: <enter>
  3. Setelah itu ketik perintah ini :
    z:\>attrib *.* -h -r -s /d /s <enter> kemudian tunggu hingga selesai, dan memang memakan waktu agak lama bergantung dari isi flashdisk Anda... :D


Keterangan:


  • attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
  • -s = menghilangkan atribut System File
  • -h = menghilangkan atribut Hidden File
  • -r = menghilangkan atribut Read Only File
  • /s = sub directory
  • /d = directory
  • dir = melihat isi dari sebuah directory
  • dir /a = melihat isi dari sebuah directory beserta atribut file nya juga berfungsi untuk menampilkan file hidden.


Semoga postingan diatas dapat membantu sobat-sobat yang mana file atau foldernya terhidden oleh virus. :D


Referensi:
Berbagai sumber didunia maya. Insya Allah postingan diatas 100% dapat digunakan... :D

Download Kumpulan Soal CPNS

0 komentar:

Posting Komentar