Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometric

Tahukah Anda perguruan tinggi indonesia terbaik versi webometric? Namun, sebelumnya apakah itu Webometric? Webometric merupakan sebuah situs yang menawarkan pemeringkatan secara digitalisasi berdasarkan parameter-parameter tertentu. Nah, webometric menggunakan 4 kriteria utama dalam melakukan rangking yakni Presence (bobot 20%), yaitu banyaknya volume konten global yang terindeks Google. Impact (50%) yaitu tingkat kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibility-nya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.


Serta Openness (15%) yaitu jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) dari website universitas yang terindeks di google scholar. Terakhir, Excellence (15%) yaitu karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

Berikut adalah 10 besar perguruan tinggi asal Indonesia yang meraih skor terbaik di Webometrics:


  1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat Dunia: 379; Peringkat ASEAN: 9)
  2. Universitas Indonesia (507; 15)
  3. Institut Teknologi Bandung (568; 18)
  4. Institut Teknologi Sepuluh November (582; 19)
  5. Universitas Pendidikan Indonesia (630; 22)
  6. Universitas Gunadarma (740; 24)
  7. Institut Pertanian Bogor (764; 25)
  8. Universitas Brawijaya (837; 29)
  9. Universitas Sebelas Maret (883; 30)
  10. Universitas Diponegoro (948; 32)


Dari 10 perguruan tinggi peringkat tertinggi di Indonesia itu, hanya Universitas Gunadarma yang merupakan perguruan tinggi swasta. Lainnya adalah kampus negeri yang cukup ternama. Semoga tulisan mengenai perguruan tinggi indonesia terbaik versi webometric ini dapat bermanfaat untuk semua....

Tulisan ini juga dapat dijadikan panduan Anda dalam memilih Universitas Terbaik Indonesia versi Webometric, sehingga Anda tidak akan salah dalam memilih universitas.
Download Kumpulan Soal CPNS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

This site was... how do you say it? Relevant!
! Finally I've found something that helped me. Thanks a lot!

Here is my homepage: short term rentals

Posting Komentar